Butuh 500 Tenaga Pengajar

Februari 1, 2009 at 11:50 pm Tinggalkan komentar

MESKI pengisian formasi CPNS untuk guru SD terus ditambah, Pemkab Magelang masih kekurangan sekitar 500 guru SD. Jumlah tersebut meliputi guru kelas dan olah raga.

Kepala Dinas Pendidikan setempat Ngaderi Budiyono mengatakan tahun lalu guru SD di Kabupaten Magelang kurang sekitar 700. Pada pengisian formasi CPNS tahun 2008 lalu, kuota yang diberikan oleh Pusat yakni 258. “Jadi masih kurang sekitar 500-an. Kekurangan ini terjadi di SD daerah pinggiran seperti Kecamatan Windusari, Kaliangkrik, Ngablak, Dukun dan lainnya,” katanya.

Selain guru SD, dia menyebutkan guru SMP dan SMA untuk mata pelajaran Bahasa Jawa dan Teknologi Informasi dan Komputer (TIK) juga masih kurang. Dari 10 SMU Negeri dan 3 SMK Negeri di wilayah ini, jumlah guru Bahasa Jawa yang telah berstatus PNS baru 3 orang.

Untuk 66 SMP Negeri, jumlah guru Bahasa Jawa yang berstatus sebagai PNS hanya 10 orang. “Idealnya, jumlah guru Bahasa Jawa di setiap sekolah minimal satu guru. Akibatnya, mata pelajaran Bahasa Jawa diampu oleh guru mata pelajaran lain,” terang dia.

Untuk guru TIK, lanjutnya, sebenarnya ahli TIK sudah cukup banyak tapi mereka tidak memenuhi syarat untuk mengikuti seleksi CPNS karena kebanyakan tidak belum memiliki ijazah pendidikan Akta IV sebagai syarat melamar guru PNS.

Kata Ngaderi, jumlah guru PNS yang pensiun sekitar 10 orang setiap bulan. Hal itu juga menjadi salah satu penyebab kurangnya guru. Guru yang telah lolos seleksi CPNS tahun 2008 ini, katanya, akan ditempatkan di daerah pinggiran untuk pemerataan. Sedangkan beberapa guru senior di daerah pinggiran ini akan dipindah ke dekat tempat tinggal secara bertahap. “Beberapa hal yang menjadi pertimbangan, diantarannya masa kerja guru di sekolah tersebut minimal 12 tahun, prestasi kerja baik dan melihat formasi di sekolah dekat tempat tinggalnya yang membutuhkan,” imbuhnya. (uui)

Sumber:http://jawapos.co.id/radar/index.php?act=detail&rid=55124

Entry filed under: Kabar Terkini. Tags: .

Tanah Longsor Tutup Jalur Ketep Pass Longsor dan Retak Terjadi di Dua Desa Kecamatan Salaman

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Februari 2009
S S R K J S M
« Jan   Mar »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
232425262728  

kabar terbaru

mini statistik blog

  • 49,671 hits

RSS image shake

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Media.com


%d blogger menyukai ini: